Selamat Datang di Blog Ini

Pengetahuan Komputer

Pengetahuan Komputer
Komputer pertama  yaitu bernama sempoa, yang di ciptakan oleh Charles Babbage seorang pakar matematik. Komputer itu berasal dari kata compute yang artinya alat menghitung. Komputer adalah alat elektronik yang digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.
Sistem komputer ada 3 yaitu :  hardware(perangkat keras),  software(perangkat lunak), instruction set (set instruksi) , dan brainware (manusianya).
1.       Hardware
    Hardware atau Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya. Hardware bisa dilihat dan bisa di raba. Hardware terbagi menjadi menjadi  4 bagian :
1.       Input(unit masukan)
2.       Output (unit keluaran)
3.       Unit tambahan
4.       Media penyimpanan
2.       Software
    Software atau  perangkat lunak adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan    diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Disebut sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan. Software bisa dilihat namun tidak bisa di raba, bisa di raba tetapi dengan pointer. Terdiri dari :
1.      Sistem operasi
2.      Program utylity
3.      Program aplikasi
4.      Program paket
5.      Bahasa pemograman
Contohnya : microsoft office, window, dll
3.      Brainware(user)
    User adalah personal-personal yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti System analis, programmer, operator, user dll.
Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software.
Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Pengetahuan Komputer. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://multimedianotesell.blogspot.com/2013/09/pengetahuankomputer-komputerpertama.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Selasa, 03 September 2013

Belum ada komentar untuk "Pengetahuan Komputer"

Posting Komentar