MAKALAH
PROSES PENCARIAN
JATI DIRI REMAJA
Di
Susun Oleh :
Agus Hilman Yusup
Brenda Guna Yudha
Ridwan Ramadhan
Selly Lestari
SMK Negeri 2 Garut
2014/2015
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Syukur Alhamdulillah Saya Panjatkan kehadirat Allah SWT yang
telah memberikan taufiq serta hidayah-Nya, sehingga Saya dapat menyelesaikan
makalah ini. Sholawat serta salam atas junjungan Nabi Muhammad SAW yang telah
menunjukan dan mengarahkan umat manusia pada kebenaran dan kebajikan.
Dalam penulisan makalah ini saya mengucapkan terima kasih
yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan baik moril
maupun materil karena saya yakin tanpa bantuan itu saya akan merasa kesulitan
untuk menyelesaikan makalah ini. Atas segala amal baiknya semoga Allah SWT melimpahkan pahala berlipat
ganda.
Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak
kekuranganya oleh karena itu saran dan kritik sangat saya harapkan.
Akhirnya saya
berharap makalah ini dapat bermanfaat khusunya bagi saya dan bagi semua pihak
pada umumnya, semoga Ridho Allah menyertai kita semua. Amin Ya Robbal Alamin
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Garut, 15 September 2014
Kelompok V
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.................................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................................. ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LatarBelakang.............................................................................. 1
1.2 Identifikasi Masalah..................................................................... 2
1.3 Rumusan
Masalah........................................................................ 2
1.4
Tujuan Penulisan..........................................................................
2
1.5 Manfaat Penulisan.......................................................................... 2
BAB II KAJIAN TEORI
A. Pengertian Jati Diri......................................................................3
B. Cara
Mendapat Jati Diri Yang Baik............................................... 3
C. Pengembangan Jati Diri Remaja................................................. 4
D. Psikologi Perkembangan Remaja...............................................
5
E. Krisis Jati
Diri.............................................................................
7
BAB III
PEMBAHASAN...................................................................................
9
BAB IV PENUTUP.........................................................................................
11
A.Kesimpulan................................................................................
11
B.Saran.........................................................................................
11
Daftar
Pustaka............................................................................................12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masa
remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak. Masa ini merupakan masa
yang labil. Perkembangan dari
masa kanak-kakak menuju masa remaja melewati garis-garis yang berganda. Manusia
adalah organisme yang pada waktu lahir adalah makhluk biologis, akan berubah
atau berkembang menjadi individu yang egonya selalu berkembang. Didalam
perkembangan ini, peranan orang tua dan lingkungan tempat anak tumbuh akan
sangat berpengaruh pada perkembangan kepribadian dimasa mendatang. Tingkah laku
individu secara bertahap menjadi semakin kurang memadai sampai dengan
berkembanganya kesadaran tentang diri.
Status masa remaja dalam kisaran umur 17-25 tahun merupakan status yang
memerlukan pembinaan dan pemupukan jati diri, sebagai wahana untuk menumbuhkan
nilai, persepsi, dan sikap yang positif serta produktif dalam menjalani
lintasan kehidupan selanjutnya. Bagi sebagian besar remaja, selama mengalami
status ini dinamika kehidupan modernitas telah mewarnai mereka dengan gaya
hidup, atribut kelompok yang menjadi panutan, dan perilaku konsumsi produksi /
jasa yang menjadi ikon ekspresi diri.
Selama masa remaja ini berlangsung, di kalangan remaja akan muncul banyak
masalah yang mengincar kehidupan para remaja. Permasalahan
remaja itu tergolong permasalahan yang paling kompleks di dunia. Mulai dari
masalah pacar, masalah sekolah, masalah pergaulan, masalah penampilan dan lain
sebagainya. Namun, permasalahan tersebut sebenarnya adalah sebuah proses
pencarian jati diri yang nantinya bakal menjadi sebuah sebab dari
kedewasaan. Pada masa pencarian
jati diri, setiap individu berusaha menemukan dan menanyakan identitas dirinya.
Seorang
remaja harus berkaca pada dirinya sendiri. Selain itu, remaja diusia ini harus
belajar dan memilih ideologi yang benar dari berbagai ideologi yang telah
disodorkan padanya. Selain untuk proses mengenal diri, masa remaja juga
merupakan proses untuk mengenal Sang Pencipta. Di masa remaja, seseorang dapat
mengarungi tangga kehidupan dengan mudah dan energik, maka perlu berpikir
sebelum bertindak dan bermusyawarah orang penyayang serta berpandangan luas
hingga ia tidak tergelincir dalam pencarian jati dirinya. Karena remaja yang
tidak berhasil menemukan jati dirinya dengan baik, maka pada masa dewasa kelak
tidak semua orang dewasa mencapai kematangan penuh. Ada individu yang sudah
dewasa, namun tingkah lakunya masih bersifat kekanak-kanakan. Tidak semua orang
dewasa bertingkah laku mengikuti prinsip hidup yang jelas dan rasional.
1.2 Identifikasi Masalah
1. Pengertian
jati diri.
2. Cara
mendapatkan jati diri yang baik.
3. Pengembangan
jati diri remaja.
4. Psikologi
perkembangan remaja.
5. Kritis
jati diri remaja.
6. Peran
orangtua.
1.3 Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan jati
diri?
2. Bagaimana
cara mendapatkan jati diri yang baik?
3. Bagaimana
pengembangan jati diri remaja?
4. Apa
penyebab kritis jati diri?
5. Apa
peran orangtua dalam proses pencarian jati diri?
1.4 Tujuan Penulisan
Adapun
tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah memberi pengetahuan dan informasi
kepada para pembaca, khususnya remaja mengenai proses pencarian jati diri, agar
mereka menemukan jati diri yang baik.
1.5 Manfaat Penulisan
Penulisan
karya ilmiah ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan pada remaja bahwa jati
diri itu penting untuk dibangun karena remaja memerlukan pemahaman tentang
sosok dirinya. Selain itu, karya ilmiah ini juga memberikan pengetahuan, peran
orangtua sangat penting dalam proses pencarian jati diri remaja.
BAB II
KAJIAN TEORI
A. Pengertian Jati Diri
Masa
remaja adalah masa dimana mereka melalui proses pencarian jati diri, kerap
diartikan sebagai identitas diri, pada masa itu para remaja dituntut untuk
memiliki rasa percaya diri. Masa pencarian identitas adalah masalah yang sangat
penting, dan dalam masa ini melibatkan peran dari banyak orang.
Secara
singkat, arti jati diri adalah kamu yang sebenarnya. Ada beberapa pengertian
secara luas, yaitu sebagai berikut :
1. Jati
diri adalah kepribadian yang muncul pada diri seseorang secara
alami dengan kronologi tertentu.
2. Jati
diri adalah suatu proses penumbuhan dan pengembangan nilai-nilai luhur yang terpancar
dari hati nurani melalui mata hati.
3. Jati
diri adalah suatu pengetahuan tentang siapa kita sebenarnya.
4. Jati
diri adalah ciri-ciri atau gambaran seseorang yang dilihat dari jiwa dan daya
gerak dari dalam.
Menurut
psikologi anak dan remaja dari Empati Development Center, Dra.
Roslina Verauli, MPsi, “Identitas diri sebetulnya cara bagaimana seseorang
melihat dirinya, identitas diri juga dikenal dengan istilah konsep diri.”
Dari
beberapa uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa, jati diri adalah ekspresi
batin mengenai tempat dan peran kita di dunia ini, guna menemukan arti
kehidupan yang hakiki, sebagai tuntunan hidup dalam menemukan kebahagiaan
sejati di hidup kita.
B. Cara Mendapatkan Jati Diri yang Baik
Supaya
remaja dapat memahami jati dirinya dengan benar dan menemukan hakikat yang
didambakannya serta tercerahkan dalam sistem pendidikan yang tepat, maka
hendaknya ia memperhatikan hal-hal berikut ini :
1. Belajar
Menuntut
ilmu merupakan kewajiban mutlak bagi setiap remaja. Ilmu yang luas merupakan
mutiara yang paling berharga bagi pemuda yang dapat membantunya dalam
mengarungi kehidupan yang benar. Pengetahuan adalah instrumen penting dalam
kehidupan. Oleh karena itu, membaca kitab-kitab agama adalah jalan untuk menambah
dan memantapkan akidah. Manusia yang kurang pengetahuan tidak akan mampu
mengetahui tugas dan kewajiban yang Tuhan bebankan padanya dan pada akhirnya ia
tidak dapat memahami makna kehidupan yang hakiki.
2. Berfikir
Ilmu
adalah alat untuk memahami banyak hal, baik yang tertulis maupun yang tidak
tertulis. Kemampuan memahami dan menjawab problematika kehidupan sangat
tergantung kepada kadar pemikiran seseorang. Dengan kata lain, kekuatan dan keluasan berpikir seseorang akan
menempatkannya pada posisi yang mulia. Jadi, berpikir secara sehat adalah
pembimbing ideal dalam mengatasi setiap kejadian dan problematika kehidupan.
3. Iman
Yang
dimaksud dengan iman adalah keyakinan hati terhadap keberadaan pencipta alam
semesta dan menerima serta mentaati segala perintah dan firman-Nya. Semakin
kuat keimanan seseorang, maka manifestasinya semakin jelas dalam berbagai
dimensi wujud manusia. Oleh karena itu, barangsiapa yang dalam kehidupannya
menempatkan Tuhan sebagai pengawasnya maka ia semakin percaya diri, termotivasi
dan memiliki pelindung.
4. Berbuat
baik
Berbuat
baik menjadikan manusia mudah dalam meraih tujuan dan cita-citanya sebagaimana
disinggung dalam Al Qur’an bahwa perbuatan baik menyebabkan perkembangan dan
penyempurnaan berbagai potensi orang mukmin yang terpendam. Kita mengetahui
dengan baik bahwa pendidikan agama memiliki pengaruh kuat terhadap perbuatan
baik dan juga terhadap ilmu serta iman. Karena untuk itu, perbuatan yang
terbaik adalah mengamalkan kewajiban agama kita, dan hendaknya kita memotivasi
orang lain untuk berbuat baik dan mencegah dari perbuatan amoral. Dengan
meningkatkan dasar iman, kiranya dapat menjadi modal penting bagi seseorang
untuk mendapatkan jalan yang benar dalam menghadapi berbagai perubahan penting
kehidupan dengan tawakal kepada Allah sehingga ia berhasil meraih tujuannya.
C. Pengembangan Jati Diri Remaja
Ada
beberapa pokok pemikiran yang melandasi perlunya pembinaan dan pengembangan
jati diri remaja, antara lain :
1. Jati
diri remaja selaku generasi muda penerus bangsa, jati diri ini penting untuk
dibangun karena remaja memerlukan pemahaman tentang sosok dirinya yang
dilahirkan dan dibesarkan sebagai insan bangsa. Rasa memiliki kebangsaan yang
terpatri dikalangan remaja akan menumbuhkan persepsi dan sikap berbangsa yang
tangguh atas pentingya menjunjung martabat keberadaan bangsanya sendiri
dihadapkan pada atmosfir globalisasi yang diwarnai dengan persaingan antar
bangsa di dunia, yang merambah tanpa sekat. Kepekaan dan kewaspadaan
atas potensi infiltrasi budaya dan perilaku yang dapat merusak jati diri
bangsa, melemahkan daya saing bangsa, dan bahkan cenderung mengeksploitasi
sumber daya bangsa, harus dapat dipahami oleh remaja.
2. Jati
diri remaja selaku insan muda yang sepatutnya memiliki percaya diri untuk
membangun masa depan yang gemilang. Kegamangan dan kegelisahan remaja yang
muncul sebagai akibat mengikuti arus gaya hidup, kelompok panutan, dan
konsumerisme harus dapat digantikan dengan kesadaran mempersiapkan dan
menumbuhkan kompetensi diri sehingga timbul keyakinan diri mampu dan membentuk
kehidupan masa depan bangsa yang lebih baik.
3. Jati
diri remaja selaku insan muda yang sepatutnya memiliki kepekaan sosial dan
gagasan untuk melakukan rekayasa sosial masyarakat di lingkungannya.
Kepekaan sosial merupakan elemen jati diri yang penting untuk dibina dan
dikembangkan bagi remaja, bahkan sepatutnya kepekaan sosial ini harus diasah
dan ditumbuhkan sejak dini, dalam membentuk tatanan hidup bermasyarakat dan
berbangsa yang bermartabat.
D. Psikologi Perkembangan Remaja
Dunia
psikologi sangatlah luas dan menarik dikaji dan dikembangkan, melihat dari sisi
psikologi perkembangan remaja. Psikologi perkembangan remaja dapat dipisahkan
dengan pengkategorian melalui kesulitan-kesulitan yang sering dialami oleh
remaja, tuntutan psikologi untuk remaja serta periode pada saat kita remaja.
Penjabarannya sebagai berikut :
1. Sejumlah
kesulitan yang dialami kaum remaja merupakan bagian yang normal dari
perkembangan ini. Beberapa kesulitan atau bahaya yang mungkin dialami kaum
remaja, antara lain :
a. Variasi
kondisi kejiwaan, suatu saat mungkin ia akan terlihat perdiam, cemberut, dan
mengasingkan diri tetapi pada saat yang lain ia terlihat sebaliknya, yaitu
periang dan berseri-seri.
b. Rasa
ingin tahu seksual dan coba-coba, hal ini normal dan sehat.
c. Membolos.
d. Perilaku
anti sosial, seperti suka mengganggu, berbohong, kejam, dan agresif.
e. Penyalahgunaan
obat bius.
f. Psikosis.
2. Tuntutan
psikologis masa remaja
a. Remaja dapat menerima keadaan
fisiknya dan dapat memanfaatkan secara efektif.
b. Remaja
dapat memperoleh kebebasan emosional dari orang lain.
c. Remaja
mampu bergaul lebih matang dengan kedua jenis kelamin.
d. Mengetahui dan menerima kemampuan
diri sendiri.
e. Memperkuat penguasaan diri atas
dasar skala nilai dan norma.
3. Periodisasi
perkembangan masa remaja
Pada
umumnya masa remaja dapat dibagi dalam dua periode yaitu :
a. Periode
masa puber usia 12-18 tahun
1) Masa
pra pubertas = peralihan dari masa kanak-kanak ke masa awal pubertas
Cirinya
:
- Anak
mulai bersikap kritis.
- Anak tidak suka diperlakukan
seperti anak kecil lagi.
2) Masa
pubertas usia 14-16 tahun = masa remaja awal
Cirinya
:
- Mulai
cemas dan bingung tentang perubahan fisiknya
- Memperhatikan
penampilan.
- Sikapnya tidak menentu / plin
plan.
- Suka berkelompok dengan teman
sebaya dan senasib.
- Mulai
adanya mimpi basah.
3) Masa
akhir pubertas usia 17-18 tahun + peralihan dari masa pubertas ke masa adolesen
Cirinya
:
- Pertumbuhan
fisik sudah mulai matang tetapi kedewasaan psikologisnya belum tercapai
sepenuhnya.
- Proses
kedewasaan jasmaniah pada remaja putri lebih awal daripada remaja pria.
4) Periode
masa remaja adolesen usia 19-20 tahun (merupakan masa akhir remaja)
Cirinya
:
- Perhatiannya
tertutup pada hal-hal realistis.
- Mulai
menyadari akan realita.
- Sikapnya
mulai jelas tentang hidup.
- Mulai nampak bakat dan minatnya.
Dengan kondisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa masa remaja, merupakan
masa dimana seseorang atau manusia dalam proses menuju pencarian jati diri di
masa awal kehidupan yang sebenarnya pada akhirnya serta masa remaja merupakan
masa yang sangat penting dalam pembentukan jati diri seseorang, oleh karenanya
psikologi perkembangan remaja dapat dikatakan faktor yang sangat berperan di
dalamnya.
E. Krisis Jati Diri
Saat
ini, banyak sekali para remaja yang mengalami krisis jati diri. Mereka tidak
tahu harus bersikap, berprinsip, berharap dan berbuat apa di tengah arus
kehidupan yang mewarnai mereka dengan keragaman pola pikir yang menawarkan
sebuah kebenaran mereka masing-masing. Banyak sekali para remaja hanyut dalam
apa yang mereka sebut pencarian jati diri, tanpa memahami benuk jati diri itu
sendiri dalam kehidupan. Hasilnya, beberapa dari mereka malah kehilangan jati diri mereka dan terus
tersesat didalamnya.Krisis jati diri seringkali disebabkan
oleh :
1. Merasa
hidupnya selalu diatur
Seringkali
kita merasa hidup kita selalu dijalani dengan aturan yang dibuat oleh orang
lain, entah itu orang tua kita, guru kita, norma masyarakat dan agama.
Hasilnya, yang tumbuh malah pembangkangan terhadap semua aturan tersebut,
dengan alasan mencari jati diri. Kita beranggapan bahwa jati diri kita
mengatakan “tidak” pada semua aturan itu. Padahal hal ini sebenarnya tidak
perlu terjadi, yang perlu kita lakukan adalah mencari nilai kebenaran dari
aturan yang ada, sembari menimbang kembali proporsi antara hak dan kewajiban
kita dalam sistem kehidupan yang kita jalani sekarang.
2. Mengejar
penghargaan dari lingkungan
Pendapat
bahwa jati diri seringkali dibentuk oleh lingkungan bisa jadi bumerang bagi
yang mengutarakannya. Karena lingkungan kita juga belum tentu menemukan jati diri mereka. Yang
benar, lingkungan menawarkan sebentuk pola pikir yang sering hadir dikehidupan
seseorang, sosial jati diri seseorang, itu menolaknya atau mengikuti pola pikir
lingkungan. Itulah yang mengubah pola pikir seseorang. Jadi, lebih tepat untuk
dikatakan bahwa lingkungan memberikan sebuah pertanyaan untuk dijawab oleh jati
diri seseorang. Bila seseorang gagal menjawabnya dengan cara yang baik, maka
orang tersebut akan mengalami krisis jati diri dan hanya mengejar pengakuan atas
nilai-nilai dari orang lain yang belum tentu telah menemukan jati dirinya
seumur hidupnya.
3. Memiliki pandangan sempit dan
terbatas dalam kehidupan
Ini adalah penyebab krisis jati diri paling krusial untuk diberantas. Tidak
jarang kita hanya menerima kehidupan dalam 3 golongan, yaitu hidup enak, tidak
enak dan biasa-biasa saja. Sekalipun penggolongan tersebut tidaklah sepenuhnya
salah, akan tetapi perameter yang digunakannya sering kali menyesatkan, yaitu
harta. Jadi, cara paling cepat untuk menemukan jati diri adalah dengan mencari
kebenaran yang tanpa cacat, bukan hanya terlihat baik saat ini, tapi juga
nanti, sampai kita keliang lahat sekalipun. Dan kunci untuk menuntun kita pada
jati diri adalah dengan membiarkan nurani kita hidup, dan jangan pernah
berhenti mempertanyakan kebermanfaatan hidup kita.
F. Peran Orangtua
Masa
remaja adalah masa di mana mereka melalui proses pencarian jati diri, kerap
diartikan sebagai identitas diri, pada masa itu para remaja dituntut untuk
memiliki rasa percaya diri. Masa pencarian identitas diri adalah masa yang
sangat penting. Untuk itu peran orangtua sangat penting membantu mereka
menghadapi masa-masa ini dengan membantu mereka mengenali dirinya secara
mendalam.
Peran orangtua bisa dilakukan dengan memberikan stimulasi, menemukan dan
mengenali bakat serta potensi anak. Orangtua juga bisa membantu anak mengenali
temperamen dan kepribadiannya agar ia bisa beradaptasi dengan lingkungan
sosialnya dan mampu memecahkan masalah. Anak juga dituntut mulai menyadari bakat
yang dimilikinya, menyadari bahwa ia akan punya tujuan hidup berupa
cita-cita. Orangtua bisa
membantunya dengan mengenalkan model atau tokoh idolanya.
Orangtua juga harus memberi nilai-nilai kehidupan (living values) yang
positif.
Umumnya,
yang terjadi di masa ini adalah anak memperoleh pemahaman tentang seperti apa
dirinya, melalui aktivitas yang ia lakukan, prestasi yang ia capai,
pengembangan diri yang ia lalui, hingga hubungan bersama orang lain
disekitarnya. Misalnya saja seperti apa dirinya menurut teman-teman dan orang
disekitarnya.
Menurut
praktisi emotional intelligence parenting, Hanny Muchtar Darta El
PSYCH-K SET dari Radani Emotional Intellegence Center, “Peran orangtua dalam
masa-masa pencarian jati diri anak adalah sebagai pendukung (supporter)
atau pemberi motivasi (motivator) serta sebagai pelatih”.
Di masa remaja, anak-anak sedang senang bereksperimen, dan orangtua
hanyalah mengarahkan bukan menentukan anak. Bantu anak mengenali diri dan
berikan pemahaman bahwa setiap orang memiliki kualitas positif dalam dirinya
yang tinggal menunggu untuk ditemukan akan dikembangkan.
BAB III
PEMBAHASAN
Pada
proses pencarian jati diri ini, para remaja dituntut untuk memiliki
rasa percaya diri. Namun, berdasarkan hasil penelitian yang berkaitan dengan
pencarian jati diri pada remaja, kebanyakan remaja tidak memiliki rasa percaya
diri saat berada di depan umum. Ini dikarenakan para remaja belum mengetahui dan menerima kemampuan diri
sendiri. Dengan rasa yang tidak percaya diri ini, para remaja akan merasa bahwa
dirinya tidak ada artinya dimata orang lain. Padahal, sesungguhnya dalam diri
mereka mempunyai bakat yang sangat dibutuhkan oleh orang lain. Hanya
saja para remaja masih dalam proses untuk mengetahui apa sebenarnya bakat yang ia
miliki. Karena semua orang itu pasti punya bakat-bakat tertentu. Mulai dari
sekarang para remaja harus belajar meyakini diri sendiri bahwa mereka mampu dan
bisa menjadi orang yang lebih berguna. Selain itu, peningkatan rasa
percaya diri ini bertujuan agar para remaja tidak mudah terpengaruh oleh
orang-orang yang ada di sekitarnya, terutama terhadap hal-hal buruk. Karena
kunci untuk menuntun kita pada jati diri yang baik adalah dengan membiarkan
nurani kita hidup dan jangan pernah berhenti mempertanyakan kebermanfaatan
hidup kita.
Masa
remaja adalah masa yang penuh dengan permasalahan. Mulai masalah pacar, sekolah
sampai dengan masalah pergaulan. Namun, pada umumya para remaja tidak mau
cerita kepada orangtuanya ketika mereka mempunyai suatu masalah, baik masalah
pacar ataupun sekolah. Akibatnya, para remaja berusaha mencari solusi sendiri
untuk memecahkan masalahnya, tanpa tahu yang dilakukannya itu benar ataukah
masih salah. Selain itu, para remaja lebih memilih memendam masalahnya
rapat-rapat dalam hati. Padahal, cara yang seperti itu malah akan membuat
hidupnya terasa tidak nyaman dan gelisah. Pada masa remaja ini, pertumbuhan
fisik memang sudah mulai matang, akan tetapi kedewasaan psikologinya masih
belum tercapai sepenuhnya. Oleh karena itu, diperlukan saran orangtua untuk
memecahkan masalah-masalah yang dihadapi remaja. Namun, kebanyakan remaja malu
dan gengsi untuk bercerita tentang masalah asmara. Padahal, orangtua disamping
sebagai ayah dan ibu kita, mereka juga bisa dijadikan sebagai sahabat yang baik
untuk
bercerita.
bercerita.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Jati
diri adalah suatu proses untuk menemukan siapa dirinya yang sebenarnya. Pada
masa ini, para remaja ditutut untuk memiliki percaya diri agar mereka tidak
terpengaruh oleh prinsip orang-orang di sekitar mereka. Masa remaja adalah masa
penuh pergolakan pemikiran, namun Karena pondasi dasar pemikiran disaat itu
belum begitu kuat, maka ia rentan menghadapi banyak ancaman dan maslah. Masa
remaja merupakan masa-masa yang sangat sensitif dan penuh gelora yang disertai
perubahan serta perkembangan jasmani, pemikiran, kejiwaan, pengalaman baru,
suka menyendiri dan juga ingin bebas. Maka, ragu-ragu, was-was dan kritis
terhadap berbagai masalah penting dalam kehidupan merupakan hal yang sangat
alami dan positif bagi orang-orang yang baru berkembang alias para remaja,
dimana mereka ingin memantapkan dan membangun pondasi keyakinannya
berdasarkan argumentasi. Agar para remaja mendapatkan jati diri yang baik, maka
mereka harus memperhatikan hal-hal berikut ini :
1. Belajar.
2. Berpikir.
3. Iman.
4. Berbut
baik.
5. Rasa
percaya diri.
Jati
diri remaja adalah hal penting untuk dibangun, karena remaja memerlukan
pemahaman tentang sosok dirinya yang dilahirkan dan dibesarkan sebagai generasi
penerus bangsa. Dan rasa percaya diri itu faktor penting untuk membangun masa
depan yang gemilang.
B. Saran
Membentuk
dan membangun jati diri merupakan hal yang sangat sulit dan penuh resiko.Untuk
itu peran orang tua sangat diperlukan untuk pembentukan jati diri remaja yang
baik. Pemahaman yang diberikan orangtua di masa pengembangan diri ini, kelak
akan membantu anak mengenali dirinya, beradaptasi dengan lingkungan serta
menghadapi tantangan kehidupan berupa tantangan karier dan lain sebagainya.
Selain itu, orangtua harus berperan sebagai pendukung (supporter) dan
pemberi motivasi (motivator).
DAFTAR PUSTAKA
http://psikologi-anaknakal.blogspot.com/2011/05/kalau-ngomongin-soal-remaja-kayaknya.html.
http://psikonseling.biospot-com/2009/03/psikologi-perkembangan-pada-remaja.html.
http://gnupi.com/krisis-jati-diri-dan-penyebabnya.html.
http://www.taqrib.info.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Contoh Makalah-Proses Pencarian Jati Diri Remaja. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://multimedianotesell.blogspot.com/2015/05/contoh-makalahproses-pencarian-jati.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Unknown - Jumat, 22 Mei 2015
Belum ada komentar untuk "Contoh Makalah-Proses Pencarian Jati Diri Remaja"
Posting Komentar