1.
Pengertian
Multimedia
a.
Secara Etimologi
Secara etimologis multimedia
berasal dari kata multi (Bahasa Latin, nouns) yang berarti banyak,
bermacam-macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk
menyampaikan atau membawa sesuatu. Kata
medium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) juga diartikan
sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (Rachmat dan
Alphone, 2005/2006).
b.
Secara Keseluruhan
Istilah
multimedia berawal dari teatre, bukan komputer, pertunjukan yang memanfaatkan
lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia. Multimedia
memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang lebih
kaya daripada media tabel dan grafik konvensional. Pemakai dapat melihat gambar
3 dimensi, foto video bergerak, animasi dan mendengar suara stereo. Output
multimedia sekarang inikita jumpai dimana-manaantara lain cover majalah, video
game film dll. Selain itu pula multimedia digunakan sebagai alat untuk
meningkatkan bersaing.
Secara umum multimedia merupakan kombinasi tiga elemen,
yaitu suara, gambar dan teks, definisi lain dari multimedia, yaitu dengan
menempatkanya dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh hofstter(2001),
multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi).
2.
Komputer Multimedia
Komputer multimedia adalah sebuah komputer
dengan spesifikasitertentu dan dilengkapi
dengan beberapa peripheral yang digunakan untuk mengolah teks, grafik,
audio, animasi dan video untuk menjadi
sebuah informasi dan hiburan secara kreatif dan interaktif.
Standar
computer multimedia
Pada
tahun 1990 :
16
MHz 386SX CPU
2 MB
RAM
30 MB
hard disk
256-color,
640 x 480 VGA video card
1x CD
ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1 second seek time
Sound
card outputting 22 KHz, 8-bit sound; and inputting 11 KHz, 8-bit sound
Windows3.0
with multimedia extensions
Pada
tahun 1993 :
25
MHz 386SX CPU
4 MB RAM
160
MB hard disk
16-bit
color, 640 x 480 VGA video card
2x CD
ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 400 ms seek time
Sound
card outputting 44 KHz, 16-bit sound
Windows3.0
with multimedia extensions, or windows 3.1
Pada
tahun 1996 :
75
MHz 386SX CPU
4 MB
RAM
540
MB hard disk
Video
system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15 bit color
MPEG
1 Hardware or software video playback
2x CD
ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 400 ms seek time
Sound
card outputting 44 KHz, 16-bit sound
Windows3.11
Perkembangan selanjutnya, seiring perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi spesifikasi hardware computer multimedia
sangat pesat. Namun bagaimanapun, hasil akhir produk-produk informasi akan
sangat ditentukan juga pada kreatifitas dan inovasi pengguna tool tersebut
3.
Manfaat Multimedia
Secara
umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik,
lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa
dapat ditingkatkan dan prises belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan
kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
Manfaat
di atas akan diperoleh mengingat terdapat keunggulan dari sebuah multimedia
pembelajaran, yaitu:
1.
Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman,
bakteri, elektron dll.
2.
Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah,
seperti gajah, rumah, gunung, dll.
3.
Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau
lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet
Mars, berkembangnya bunga dll.
4.
Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju, dll.
5.
Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi,
harimau, racun, dll.
6.
Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
4. Software Multimedia
Nama lain dari Software disebut juga
dengan perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak,
sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras
adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka
software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik,
software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita
bisa mengoperasikannya.
Pengertian Software
komputer adalah
sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data
elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi
yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak
inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
software
atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi
beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware,
free software, shareware, adware) . untuk lebih jelasnya silahkan baca definisi
lebih detail mengenai beberapa jenis software tersebut.
software
berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap
pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara
membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang
menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan
software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software
berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe
photo shop, dan lain-lain.
Contoh Software Multimedia :
Perangkat lunak multimrdia adalah
komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk
mengintrol bekerjanya system multimedia. Perangkat lunak ini digologkan menjadi
tiga bagian, yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak system
multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
1. Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman multimedia adalah
bahasa computer yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia.
Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, Flash
Programmer dan Java.
2. Perangkat Lunak Sistem (System
Software)
Perangkat
ini terdiri dari system operasi (operating system) misalnya DOS (Disc Operating
System), Windowa 95/98/ME, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux dan Mac OS.
Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) seperti
aplikasi anti virus.
3. Perangkat Lunak Aplikasi
Multimedia
Perangkat
lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dirancang oleh
personal atau organisasi untuk user yang bergerak dalam bidang multimedia
spesifik seperti grafik 2D, modeling, animasi, sound editing, video editing dan
sebagainya. Contoh :
a. Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi
yang banyak digunakan untuk pengolah teks misalnya : Microsoft word, word star
for windows, word perfect dan start writer. Sedangkan aplikasi pengolah teks
yang bersifat open sources seperti open office writer, KWiter dan Abi Word.
b. Perangkat Lunak pengolah Animasi dan
Grafik 2D
Aplikasi
Pengolah grafik 2D dibagi menjadi :
- Grafik 2D Vektor misalnya corel draw,
macromedia freehand, adobe illustrator,
open draw dll
- Grafik 2D Raster, misalnya : Adobe
Photoshop, Jast Paint shop pro, Gimp dll.
- Animasi, misalnya : Macromedia
Flash, Adobe Image Ready dll.
c. Perangkat Lunak pengolah Animasi dan
Modelling Grafik 3D
Contoh
aplikasi animasi dan modeling 3D, misalnya : 3D studio maks, blender, maya,
Softimage, Lighware dll.
d. Perangkat Lunak Authoring Multimedia
e. Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh
aplikasi berbasis web, misalnya : macromedia dream weaver, Microsoft front page,
Joomla, Apache, macromedia flash, adobe photoshop
f. Aplikasi Pengolah Audio
Aplikasi
Pengolah audio, misalnya : Sound recorder, modplug tracker, audacity dll.
g. Aplikasi Pengolah Video
Contoh
aplikasi ini, misalnya : windows movie maker, Pinaccle, Adobe Premiere, Ulead
Video Studio dll
h. Aplikasi dalam bidang Pengembangan
Sumber Daya Manusia
Multimedia
merupakan media pelatihan yang baik dan menarik yang dikenal dengan istilah
Computer Based Trainning (CBT). Misalnya perusahaan installshield membuat perangkat
lunak multimedia yang dikhususkan untuk training. Contoh lainnya adalah
perusahaan L’OREAL membuat program recruitment tenaga kerja.
i. Aplikasi dalam Bidang Produksi
Penggunakan
aplikasi ini digunakan untuk merancang dan merekayasa suatu produk misalnya
alat-alat elektronik dan mesin bahkan dapat pula digunakan untuk memonitor dan
mengontrol proses produksi dan berkembang menuju manufaktur teritegrasi
berbasis multimedia.
j. Aplikasi Multimedia dalam bidang
Pemerintahan
Aplikasi
yang paling menonjol do bidang pemerintahan adalah E-Government, Profil
Departemen dan Kios Informasi tentang kota
k. Aplikasi dalam Bidang Pendidikan
Aplikasi
multimedia pendidikan antara lain belajar on-line, Jardiknas dll
l. Aplikasi dalam Bidang Travel
Aplikasi
berbasi web banyak digunakan sebagai penerapan layanan perjalanan yang di
dalamnya termasuk layanan informasi biaya perjalanan, pemesanan on-line untuk
lodging transportasi baik laut, darat maupun udara.
m. Aplikasi dalam Bidang Hiburan
Dalam
bidang hiburan multimedia digunakan dalam pembuatan film, musik, radio
interaktif, televise interaktif, game elektronik . dll.
5.
Kategori Multimedia
Multimedia dapat
didefinisikan menjadi dua kategori yaitu multimedia content production dan
multimedia communication dengan definisi sebagai berikut:
1. Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan
dan pemrosesan beberapa media (text, audio,
graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk
menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film,
game, entertaiment, dll) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang
memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation,
video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi.
Dalam kategori ini media yang digunakan
adalah :
* Media Teks
* Media Audio
* Media Video
* Media Animasi
* Media Graph / Image
* Media Interactivity
* Media Special Effect
2. Multimedia communication
Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio,
cetak, dan Internet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan
material advertising, publicity, entertaiment, news, education, dll.
Dalam kategori ini media yang digunakan
(tampak pada gambar 2.2) adalah
* TV
* Radio
* Film
* Cetak
* Musik
* Game
* Entertaiment
* Tutorial
* ICT (Internet)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://multimedianotesell.blogspot.com/2014/06/memahami-etimologi-multimedia.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Unknown - Selasa, 17 Juni 2014
Belum ada komentar untuk "MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA"
Posting Komentar