Selamat Datang di Blog Ini

Pantai Cicalobak


 
Pantai Cicalobak adalah salah satu pantai indah yang letaknya berada di Kecamatan Mekarmukti, Kab. Garut. Pantai ini berada dipinggir Jalur Trans Jabar Selatan. Jalur diantara Pameungpeuk dan Rancabuaya. Pantai ini terlihat sangat indah ketika melintas di jalur ini.



Pantai Cicalobak berjarak kira-kira hampir 28 km dari Kota Pameungpeuk ke arah Rancabuaya, sebelum Puncak Guha. Dari Garut kota kira-kira 128 km via Cikajang - Pameungpeuk - Cikelet - Cicalobak. Jalannya sebagian besar lumayan Bagus, meskipun ada beberapa titik ruas yang rusak . Jika menggunakan jalur Bungbulang berjarak kira-kira 85 km dengan Rute Garut kota - Cikajang - Bungbulang - Cijayana - Cicalobak. Jalur ini jalannya lumayan jelek.

Jika dari arah Bandung menggunakan rute via Pangalengan - Talegong - Cisewu - Caringin - Pameungpeuk ataupun yang dari Cidaun Cianjur pantai ini terlewat karena posisinya dekat dengan jalan rute tersebut, setelah Rancabuaya dan Puncak Guha. Sepanjang jalan perjalanan menuju ke pantai ini disuguhkan pemandangan yang luar biasa jika menggunakan rute manapun.

Pantai Cicalobak merupakan pantai karang di sisi kanan dan kirinya, sedangkan dibagian tengah adalah pantai pasir yang tidak terlalu luas karena merupakan sebuah muara sungai kecil. Pantai ini menghadap langsung ke Samudra Hindia, ombaknya besar tapi terhempas karang-karang. Di pantai pasir, bisa buat berenang tapi jangan ke tengah karena ombaknya semakin besar. Di bagian pantai karang pinggir-pinggirnya dirimbuni pepohonan. Di bagian sisi kiri pantai karang terdapat saung.

Pantai Cicalobak belum tersentuh pembangunan maupun pengembangan objek wisata. Untuk masuk ke pantai ini tidak perlu bayar, gratis. Petunjuk/Plang Pantai ini ada di Pintu masuk tepat di pinggir jalan trans Jabar Selatan ini. Untuk parkir, mobil atau motor bisa diparkirkan di dekat pintu masuk yang banyak warung-warung penduduk. Dari tempat parkir tinggal jalan kaki ke pantai Cicalobak karena dekat sekali. Dipantai ini tidak ada penginapan,kebanyakan pengunjung ke pantai ini adalah mereka yang melintas maupun yang berwisata di jalur Pameungpeuk-Rancabuaya. Kalopun mau menginap, bisa di Pantai Rancabuaya yang jaraknya tidak terlalu jauh ke pantai ini.

Pantai ini sangat indah, momen terbaik untuk bisa menikmati pantai ini ketika sore hari. Senja sore di pantai Cicalobak ini sangat begitu indah, memanjakan mata. Bisa melihat matahari terbenam di ufuk barat. Semoga saja, potensi yang luar biasa indahnya yang dimiliki Pantai Cicalobak di kecamatan Mekarmukti ini mendapat perhatian dari Pemkab Garut maupun Pemprov Jabar untuk dikembangkan. 








Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Pantai Cicalobak. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://multimedianotesell.blogspot.com/2014/06/pantai-cicalobak.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Selasa, 03 Juni 2014

Belum ada komentar untuk "Pantai Cicalobak"

Posting Komentar