Selamat Datang di Blog Ini

Pantai Cijeruk Indah


Pantai Cijeruk Indah


Pantai Cijeruk Indah adalah sebuah pantai yang belum sepenuhnya dimanfaatkan banyak sebagai potensi wisata kepentingan pihak dinas pariwisata terkait. Meskipun tempat ini memiliki fungsi yang pantai wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Secara administratif, pantai ini dibatasi oleh Samudera Hindia di selatan dan timur Cipatujah.

Pantao Cijeruk indah adalah negara dengan pantai miring kemiringan, stabilitas tanah dan tanah serapan cukup baik. Pantai pasir adalah jenis material tanah yang ditemukan di Cijeruk indah ini. Warna air di wilayah ini terdapat dalam biru di tengah pantai dan warna hijau-coklat dalam pertemuan mulut air laut

Pantai ini memiliki tinggi gelombang rata-rata mencapai 1 meter dengan kemiringan dasar laut landai sehingga cukup aman untuk berenang. Laut flora ganggang dominan, sedangkan satwa liar seperti ikan, siput, kerang, ikan dan makarel cangkel. Materi dalam bentuk pantai berpasir dengan warna bahan alami di pantai pasir putih.

Di wilayah daerah ini ada fasilitas umum seperti fasilitas kesehatan, peralatan dan fasilitas keamaanan ibadah sekitarnya. Dan jalan akses dan jalan negara dengan kondisi cukup (untuk perbaikan), lebar jalan 4 meter dan panjang 8 km dari jalan, lebar 0,5-1,5 m. Frekuensi transportasi sebagai terminal bus di sekitarnya yang tidak direncanakan untuk menempatkan pengangkutan 5.00 pagi hingga jam 05.00 sore.

ODTW ini dikelola oleh Kompepar Yayasan Cijeruk Indah, dengan status kepemilikan oleh BKSDA dan Perkebunan. Lingkungan fisiknya terdiri dari : luas kawasan sebesar 4700 m2, luas ODTW sebesar 2157 m2 dengan waktu kunjungan selama 24 jam. Kawasan Cijeruk Indah memiliki temperatur rata-rata 27oC per tahun, minimum tahunan 17oC, dan temperatur maksimum 28oC per tahun, dengan penyinaran matahari rata-rata sedang, dan kekuatan tiupan angin yang besar.

Warna air kawasan ini ada 2 buah, warna biru terletak di pesisir dan tengah pantai serta warna hijau kecoklatan terdapat di pertemuan muara. tinggi gelombang rata-rata di bawah 1m dan ketika musim hujan 2-3m. Flora laut dominannya adalah rumput laut sedangkan fauna laut dominannya adalah ikan hias, siput & kerang, ikan Cangkel dan ikan tengiri. tingkat abrasi sedang, stabilitas tepi pantai stabil dengan flora tepi pantai berupa ketapang dan Pandan Bidur.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan umumnya berupa berperahu, memancing dan menikmati pemandangan.

Lokasi Pantai Cijeruk Indah.: Desa Sagara Kecamatan Pameungpeuk
Koordinat : 7 39' 57" S, 107 42' 43" E

Arah Pantai Cijeruk Indah.: frekuensi transportasi umum dari terminal terdekat berupa bus yang tidak terjadwal, angkutan kota yang terjadwal dari jam 5 pagi-jam 5 sore. Dan tarif kendaraan tersebut,yaitu:
- Bis Umum dengan tarif Rp. 12000,- / orang
- Bis kota dengan tarif Rp. 10000-15000,- / orang
- Garut – Pameungpeuk Rp. 10000,- /orang
- Bandung – Pameungpeuk Rp. 15000,- /orang
- Angkot dengan tarif Rp. 5000 – 6000,- / orang
- Ojeg dengan tarif Rp. 25000,- / orang.
Fasilitas Pantai Cijeruk Indah.: 13 kios/warung makanan umum, tempat parkir, toilet,Pos kesehatan penyewaan rakit, Musholla
anda mau mencobanya, datang kesana ? :)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Pantai Cijeruk Indah. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://multimedianotesell.blogspot.com/2014/10/pantai-cijeruk-indah.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Minggu, 26 Oktober 2014

Belum ada komentar untuk "Pantai Cijeruk Indah"

Posting Komentar