A. Pengertian Animasi Tradisional
d. Phenakistoscope (1831)
Animasi
Tradisional adalah teknik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini.
Animasi tradisional juga dikenali sebagai animasi cel atau animasi yang
dihasilkan dengan tangan iaitu setiap proses melibatkan tangan.Animasi
tradisional merupakan proses yang digunakan untuk filem-filem animasi
yang paling lama iaitu pada abad ke-20.Bingkai individu filem animasi
tradisional adalah gambar-gambar lukisan, yang mula-mula dilukis di atas
kertas. Untuk mencipta ilusi pergerakan, setiap lukisan berbeza sedikit
daripada yang sebelumnya. Lukisan yang animator dikesan atau salinan ke
helaian telus yang dipanggil cels, yang dipenuhi dengan cat dengan
warna-warna yang diberikan atau nada di sebelah yang bertentangan dengan
lukisan garisan. Cels ciri-ciri yang lengkap gambar satu demi satu ke
filem filem terhadap latar belakang dicat oleh kamera.
Mengapa disebut dengan animasi
tradisional?
Disebut dengan animasi tradisional karena animasi ini
memiliki teknik yang digunakan saat pertama kali film animasi itu
bermunculan.Untuk menciptakan ilusi gerakan, setiap gambar harus sedikit
berbeda dari yang sebelumnya.Caranya dengan menjiplak gambar yang dibuat
animator di kertas transparan yang disebut cels. Kemudian gambarnya diisi
dengan cat dalam warna yang berbeda dan juga warna shading yang beda. Nanti
gambar karakter yang sudah di gambar di cel, di foto satu per satu dalam filem
yang latar belakangnya sudah di cat.
B. Contoh
Animasi Tradisional
Yang menjadi contoh Animasi
Tradisional seperti animasi
pada film :
§ Pinocchio (Amerika Serikat, pada tahun1940),
§ Animal Farm (United Kingdom, 1954), dan
§ Akira (Jepun, 1988).
Film-film animasi tradisional yang
dihasilkan dengan bantuan teknologi komputer termasuk didalamnya animasi The
Lion King (US, 1994) Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away) (Jepun, 2001),
dan Les Triplettes de Belleville (2003). Film animasi sepenuhnya boleh
dilakukan dalam berbagai gaya, dari kerja-kerja animasi yang lebih realistik
seperti yang dihasilkan oleh studio Walt Disney (Beauty dan Beast, Aladdin,
Lion King) kepada gaya yang lebih ‘cartoony’ orang-orang yang dihasilkan oleh
Warner Bros animasi studio.
C. Jenis-jenisAnimasi Tradisional
a. Zoetrope
(180 AD; 1834)
Zoetrope adalah perangkat yang menciptakan citra
gambar bergerak.Awal [rujukan?]Zoetrope dasar diciptakan di China sekitar 180
Masehi oleh penemu Ting Huan produktif (丁 缓).Terbuat
dari kertas tembus atau panel mika, Huan tergantung perangkat di atas lampu.
Udara berubah naik baling-baling di bagian atas dari yang tergantung gambar
dilukis di panel akan muncul untuk bergerak jika perangkat berputar pada
kecepatan yang tepat [5] [6] [7] [8]. Para zoetrope modern diproduksi pada
tahun 1834 oleh William George Horner.Perangkat dasarnya adalah sebuah silinder
dengan celah vertikal di sekitar sisi.Sekitar tepi bagian dalam dari silinder
ada serangkaian gambar di sisi berlawanan dengan celah.Sebagai silinder
diputar, pengguna kemudian terlihat melalui celah untuk melihat ilusi
gerak.Zoetrope ini masih digunakan dalam program animasi untuk menggambarkan
konsep awal animasi.
b.
Lentera ajaib
Lentera ajaib adalah pendahulu dari proyektor
modern.Ini terdiri dari lukisan minyak tembus dan lampu sederhana. Bila
disatukan dalam sebuah ruangan gelap, gambar akan muncul lebih besar pada
permukaan yang datar. Athanasius Kircher berbicara tentang hal ini berasal dari
Cina pada abad ke-16 [rujukan?]. Beberapa slide untuk lentera berisi
bagian-bagian yang bisa digerakkan secara mekanis untuk menyajikan gerakan
terbatas di layar.
c.
Thaumatrope (1824)
Thaumatrope
Sebuah mainan sederhana yang digunakan di era Victoria.Thaumatrope adalah disk
lingkaran kecil atau kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi yang
melekat pada seutas tali atau sepasang string berjalan melalui pusat. Ketika
string adalah memutar-mutar cepat antara jari, dua gambar muncul untuk
bergabung menjadi satu gambar. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi,
kemampuan otak untuk terus merasakan gambar.Penemuan adalah dikreditkan beragam
[rujukan?] Charles Babbage, Peter Roget, atau John Ayrton Paris, tetapi Paris
diketahui telah digunakan untuk menggambarkan satu fenomena Phi pada 1824 ke
Royal College of Physicians.
d. Phenakistoscope (1831)
Sebuah disk
phenakistoscope oleh Eadweard Muybridge (1893). Phenakistoscope adalah
perangkat animasi awal, pendahulu dari zoetrope tersebut.Ini diciptakan pada
tahun 1831 bersamaan dengan Belgia dan Joseph Plateau Simon von Stampfer
Austria.
e.
Sandal buku (1868)
Buku Flip pertama dipatenkan pada 1868 oleh John
Barnes Linnet.Buku sandal itu lagi pembangunan yang membawa kita lebih dekat
dengan animasi modern. Seperti zoetrope, Kitab flip menciptakan ilusi gerak.
Satu set gambar berurutan membalik pada kecepatan tinggi menciptakan efek ini.
Para Mutoscope (1894) pada dasarnya adalah sebuah buku sandal dalam sebuah
kotak dengan pegangan engkol untuk membalik halaman.
f.
Praxinoscope (1877)
Para praxinoscope, ditemukan oleh ilmuwan
Perancis Charles – Émile Reynaud, merupakan versi lebih canggih dari zoetrope
tersebut. Ini digunakan mekanisme dasar yang sama strip gambar ditempatkan pada
bagian dalam silinder berputar, tapi bukannya melihat melalui celah, itu
dilihat dalam serangkaian kecil, cermin stasioner di sekitar bagian dalam
silinder, sehingga animasi akan tinggal di tempat, dan memberikan gambar lebih
jelas dan kualitas yang lebih baik. Reynaud juga mengembangkan versi yang lebih
besar dari praxinoscope yang dapat diproyeksikan ke sebuah layar, yang disebut Optique
Théâtre.
D. Cara
Kerja Animasi Tradisional
Cara kerja animasi tradisional menggunakan
antara lain :
Ø Papan cerita
Rekaman suara,
Ø Animatik,
Ø Reka bentuk
dan pemasaan,
Ø Susun atur,
Ø Animasi,
Ø Latar
belakang,
Ø Lukis warna
dan kamera,
Ø Lukis warna
digital, Komputer dan
Ø kamera video
digital.
sebelum berkembangnya
teknologi animasi berbasis komputer, semua animasi tradisional dilakukan
menggunakan tangan.
Setiap satu animasi
memerlukan sekitar 20 frame dan diperlukan waktu serta tenaga yang besar untuk
menghasilkan sebuah animasi yang lengkap.
Animasi
dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar"
sehingga muncul efek gambar bergerak.
Gambar pertama dipaparkan pada screne. Kemudian gambar kedua
yang mungkin lebih kecil atau berukuran sama dengan gambar pertama ditumpuk
pada gambar pertama. Proses ini diulang beberapa kali, setiap kali gambar yang
baru menunjukkan sedikit perubahan. Sekiranya proses ini diulang-ulang, ia
kelihatannya seperti bergerak.
Terdapat beberapa teknik yang biasa digunakan untuk
membantu di dalam proses pembuatan animasi secara tradisional, diantaranya :
1. Keyframes
2. Animasi Sel
3. Page Flipping
4. Onion Skinning
Cel
animasi mengacu kembali ke cara Tradisional animasi dalam satu set gambar
tangan. Dalam proses animasi, gambar banyak diciptakan yang sedikit berbeda
tetapi progresif di alam, untuk menggambarkan tindakan-tindakan tertentu.
Telusuri gambar pada lembar yang jelas.Lembar jelas adalah dikenal sebagai cel
dan merupakan media untuk menggambar frame.Sekarang menggambar garis besar
untuk foto-foto dan pewarnaan mereka pada kembali dari cel tersebut.Cel
merupakan metode yang efektif yang membantu untuk menghemat banyak waktu dengan
menggabungkan karakter dan latar belakang. Ini juga memungkinkan untuk
menempatkan gambar-gambar sebelumnya di atas latar belakang lain atau cels
setiap saat diperlukan. Di sini, Anda tidak perlu menggambar gambar yang
identik lagi karena memiliki kemampuan menyimpan animasi sebelumnya yang dapat
dimanfaatkan bila diperlukan.
Mewarnai
latar belakang mungkin tugas yang lebih sulit daripada satu gambar, karena
mencakup seluruh gambar.Latar Belakang membutuhkan shading dan pencahayaan dan
dapat dilihat untuk durasi yang lebih lama.Kemudian gunakan kamera digital Anda
untuk memotret gambar-gambar ini.Sekarang, animasi cel dibuat ekstra menarik
melalui penggunaan gambar-gambar bersama dengan musik, efek suara dan
pencocokan asosiasi waktu untuk setiap efek. Misalnya Untuk menunjukkan ini
kartun, 10-12 frame yang dimainkan dalam suksesi cepat per detik untuk
menawarkan ilustrasi gerak dalam sebuah animasi cel.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Animasi Tradisional. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://multimedianotesell.blogspot.com/2015/05/animasi-tradisional.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Unknown - Sabtu, 23 Mei 2015
Belum ada komentar untuk "Animasi Tradisional"
Posting Komentar